Merakit Komputer Sendiri
Senin, 10 November 2008





MERAKIT komputer sendiri sangat mudah kalau kita terbiasa dengan obeng, baut, mur, serta mengetahui sedikit teknik kelistrikan. Untuk mempersiapkan diri merakit komputer sendiri, kita harus mengerti beberapa bagian di dalam komputer yang ingin dirakit. Ada empat komponen yang perlu diperhatikan ketika pertama kali membeli sebuah sistem komputer PC.
Komponen ini terdiri dari monitor berbentuk seperti televisi dengan tombol-tombol pengendali terang-gelap (contrast dan brightness) serta tombol pengaturan digital yang jika ditekan akan menayangkan beberapa menu pilihan. Komponen lainnya adalah casing (boks komputer) dengan bentuk yang sangat beragam. Komponen ini biasanya terbuat dari bahan plastik di bagian depannya, sedangkan di sisi kiri dan kanan terbuat dari besi. Ada beberapa tombol penting di depannya, seperti On-Off, Reset, dan lampu indikator menunjukkan komputer yang digunakan sedang nyala.
Perangkat keyboard atau papan ketik, perangkat berbentuk tombol-tombol seperti mesin ketik terdiri dari 101-104 tombol karakter, angka, dan huruf. Komponen lainnya adalah mouse, sebuah perangkat penting dalam komputer PC untuk menggerak-gerakkan tanda panah (biasa disebut kursor) yang ada di layar monitor pada saat menjalankan sistem operasi berbasis grafis, seperti Microsoft Windows atau KDE dari Linux.



Keempat komponen ini merupakan komponen yang bisa langsung dilihat pada saat kita membeli perangkat komputer. Sementara di dalam casing terdapat lagi lima bagian lainnya, terdiri dari catu daya yang gunanya mengubah tegangan listrik 220 volt menjadi 5 volt dan 12 volt untuk menjalankan semua sistem di komputer. CD ROM (bisa juga CD Writer) yaitu perangkat untuk membaca piringan CD berupa data atau lagu berkapasitas 640MB, disk drive untuk membaca informasi yang ada di disket 3,5 inchi dengan kapasitas penyimpanan 1,44MB, harddisk untuk menyimpan informasi dan data yang lebih besar dari disket tapi tidak bisa di bawa-bawa. Motherboard yang merupakan perangkat utama dalam komputer, berbentuk seperti lempengan plastik dengan rangkaian listrik di atasnya.
Di dalam motherboard, terpasang mikroprosessor, memori (biasa disebut RAM atau Random Access Memory), graphic card VGA yang fungsinya menayangkan gambar di monitor, kabel koneksi ke harddisk dan disk drive, koneksi ke port serial untuk disambung ke modem yang akan dapat mengakses jaringan Internet, port parallel yang dipasang ke printer, port USB (Universal Serial Bus) yang nantinya akan menggantikan port serial atau parallel karena kecepatannya hampir empat kali lipat, serta kemungkinan untuk memasang card tambahan lain, seperti sound card, SCSI card, dan lainnya. Ada beberapa jenis motherboard di mana semua fungsi sudah termasuk di dalamnya, jadi tidak ada lagi card tambahan yang disediakan.
Menyesuaikan Kebutuhan
Selain mengenal semua komponen ini, kita juga harus mengadakan survei atas kebutuhan komputer tersebut. Jenis komputer yang akan kita gunakan terdiri dari beberapa aplikasi kebutuhan seperti server, multimedia, game, pekerjaan kantor, akses jaringan Internet, atau kebutuhan khusus lain.

Label:



Posted by rentyx_jlbgitu@yahoo.com @ 06.35  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
 








About Me
Foto Saya
Nama:
Lokasi: Pati, Jawa Tengah, Indonesia

Apalah arti kata "LELAH" untuk mendapatkan sebuah "SURGA"











Posting Terbaru


Kategori My Posting

Archives

Download My Posting

Teman Blogger Banner
Rentyx-Blog
duniiaku
Febz Blog
Photobucket
Image Hosted by ImageShack.us
Image Hosted by ImageShack.us
Soft4ever

My Galery


Rentyx-Blog

Copy code below,
insert into your blog

Visitor
Clock
My Link and My Friends
Calender

Recent Visitor

Feed RSS